Panduan Singkat Memilih Web Hosting

>> Sabtu, 10 April 2010

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih web hosting :

1. Space / Ruang Harddisk.
Ini adalah hal penting. Ingat bahwa Anda membutuhkan tempat yang cukup hampir 2x dari ukuran besar web Anda secara keseluruhan, untuk memastikan web Anda dapat diupload serta dapat dilakukan backup secara menyeluruh.

2. Bandwidth Untuk Transfer File
Setiap kali Anda atau pengunjung web-site Anda membuka setiap halaman di web Anda, maka bandwidth Anda akan bertambah. Hal tersebut berlaku juga jika Anda melakukan streaming, download file, dan pertukaran data lainnya. Penyedia jasa hosting yang hanya sedikit memberikan bandwidth akan membatasi kemampuan web-site Anda dikunjungi pengunjung. Bila web Anda ramai dikunjungi, bahkan hingga membutuhkan bandwidth melebihi yang disediakan oleh penyedia jasa hosting, maka web-site Anda akan down dan tidak dapat diakses seketika oleh pengunjung Anda.

3. Kehandalan Dan Kecepatan Akses Jaringan
Perhatikan waktu up-time (lama waktu yang menandakan bahwa web Anda dapat ditayangkan dengan baik) yang dimiliki oleh penyedia jasa hosting. Jaminan up-time 100% adalah hal yang mustahil sebagaimana perangkat keras dapat rusak sewaktu-waktu tanpa terduga. Carilah penyedia jasa hosting yang memberikan up-time maksimal dan itu berarti mereka merawat server mereka dengan baik.

4. Penggunaan Piranti Lunak Yang Asli
Seperti yang Anda ketahui bahwa penggunaan piranti lunak bajakan mempunyai potensi yang besar untuk merugikan Anda. Cari informasi mengenai penggunaan piranti lunak yang asli pada penyedia hosting Anda. Penyedia hosting yang baik adalah mereka yang berani untuk menggunakan piranti lunak yang asli untuk memberikan layanan maksimal untuk menayangkan web-site Anda.

5. Perbandingan Antara Harga Dan Fasilitas Yang Tersedia
Jangan pernah jadikan harga menjadi faktor penentu tunggal ketika Anda memilih penyedia jasa hosting. Harga yang murah tanpa batasan sama sekali terhadap database, add-on domain,dan lain sebagainya tidak dapat memberi Anda landasan yang cukup bagi Anda untuk langsung memilih penyedia jasa hosting tersebut. Perhatikan perbandingan antara harga dan fasilitas yang diberikan. Wajar jika Anda sebagai konsumen mengharapkan harga termurah dengan fasilitas maksimal, namun harap ingat bahwa batasan tertentu yang diberikan menandakan penyedia jasa hosting peduli dengan kelangsungan hidup web-site Anda.

6. Support/Layanan Bantuan Yang Bersahabat
Bayangkan dalam suatu waktu Anda memerlukan bantuan teknis, ke mana Anda bertanya? Pastikan penyedia jasa hosting Anda mempunyai fasilitas layanan bantuan yang baik dan dapat diakses oleh lebih dari satu cara. Layanan bantuan yang baik akan menyediakan staf profesional yang dapat menjelaskan bukan hanya dengan bahasa teknikal, namun dengan istilah yang lebih akrab dan dapat dimengerti dengan mudah oleh Anda.

7. Money Back Guarantee/Jaminan Uang Kembali
Penyedia jasa hosting yang baik akan berani menjamin kualitas hosting dan staff mereka. Jaminan uang kembali dapat Anda jadikan patokan untuk memberikan seperti “asuransi” agar web Anda dapat diakses dengan lancar oleh pengunjung Anda.

sumber : Kaskus

0 komentar:

Posting Komentar

Free Website Hosting

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP